Senin, 23 Oktober 2017

Proses Pengecambahan Merbau (Intsia palembacinca)

Benih merbau termasuk jenis benih ortodoks, yaitu jenis benih yang bisa disimpan lama dengan menurunkan kadar airnya. Kulit benih merbau sangat keras sehingga memerlukan perlakukan untuk memecahkan masa dormnsinya.

Untuk mempercepat proses perkecambahan benih merbau diperlukan perlakukan skarifikasi benih. Skarifikasi benih merupakan usaha memecah dormansi benih yang bertujuan untuk menghilangkan sifat dormansi fisik benih terhadap gas dan air sehingga dapat mempercepat perkecambahan. Skarifikasi akan mempercepat imbibisi sehingga benih dapat berkecambah dalam wakut yang relatif seragam.

Perlakuan skarifikasi benih merbau dapat dilakukan melalui pengikiran atau pelukaan kulit benih. Cukup sedikit saja pengikiran pada bagian ujung benih sampai menembus kotiledon tanpa merusak embrio benih. Benih yang sudah dikikir, selanjutnya direndam dalam air dingin selama 30 menit atau lebih sampai bagian kulit yang sangat keras berubah menjadi lunak. Bagian kulit yang masih keras dapat mengganggu proses pengecambahan, kotiledon akan tertahan dan proses pertumbuhan daun menjadi terhambat.

Cara lain perlakuan pendahuluan benih juga dapat dilakukan melalui perendaman benih dalam larutan asam asetat dengan konsentrasi 40% selama 20 menit. Namun pengggunaan asam sulfat tidak disarankan karena limbahnya dapat mencemari lingkungan. Selain itu, pemakaian tanpa menggunakan alat perlindungan diri dapat merusak kesehatan.

Benih yang telah melakukan perlakuan pendahuluan kemudian ditabur dalam bedeng tabur. Media yang digunakna dapat berupa campuran tanah dengan pasir (perbandingan 1: 1) maupun tanah dengan sekam padi (perbandingan 2: 1).

Proses perkecambaha merbau termasuk tipe epigeal, dimana hipokotil benih merbau tumbuh memannjang yang mengakibatkan kotiledon dan plumula sampai keluar permukaan tanah. Jadi proses pengecambahan sejatinya terjadi di atas tanah setelah hipokotil tumbuh sempurna. Proses ini dimulai dengan tumbuhnya bagian akar pada hari ke-2. Akar yang tumbuh akan masuk ke dalam tanah. Setelah muncul sepasang daun semai, merbau siap untuk disapih ke dalam polybag.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar